PENERAPAN MODEL STAD DALAM PEMBELAJARAN MATERI AJAR PENGGUNAAN PERANGKAT LUNAK PRESENTASI

Roisa Jamil Fauzia, Noor Hudallah, Eko Supraptono

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkkan keterampilan dan aktivitas belajar siswa pada materi menggunakan perangkat lunak presentasi. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-A SMP Negeri 39 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan menggunakan perangkat lunak presentasi meningkat dilihat dari hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. (2) Aktivitas belajar siswa meningkat dilihat dari hasil observasi yang dilakukan pada tiap siklus. Meningkatnya hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dikarenakan adanya interaksi yang terjadi diantara siswa. Penerapan model ini dapat membuat siswa saling memotivasi, saling membantu dalam memecahkan permasalahan dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran.


Kata Kunci


Software; komputer; windows; linux; belajar komputer

Referensi


Hasbullah. 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rahayu, D. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Statistika dan Tegangan pada Siswa Kelas XI Teknik Arsitektur SMK Negeri 2 Kendal. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Warsih. 2012. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Segi Empat Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Bagi Siswa Kelas VII F SMP 2 Kudus Semester 2 Tahun Pelajaran 2010/2011. Metodika Jurnal Pendidikan Dasar 2(4): 11-18.

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.