Kerajaan Majapahit Hindu Jawa

Kerajaan Majapahit Hindu Jawa

Selain sumber-sumber Jawa, beberapa legenda daerah yang menyebutkan kerajaan Majapahit atau jendralanya Gajah Mada, juga dapat ditemukan; dari Aceh, Minangkabau, Palembang, Semenanjung Melayu, Sunda, Brunei, Bali ke Sumbawa.

33 (p107) Meskipun kekuatan politiknya di luar wilayah inti di Jawa Timur tersebar, yang terutama merupakan pengakuan seremonial atas suzerainty, masyarakat Majapahit mengembangkan tingkat kecanggihan yang tinggi dalam aktivitas komersial dan artistik. Selama pembentukannya, kerajaan tradisional Majapahit hanya terdiri dari kerajaan bawahan yang lebih rendah (provinsi) di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Beberapa gaya arsitektur khas diyakini dikembangkan pada masa Majapahit; seperti gerbang bata merah beratap tinggi dan ramping yang biasa disebut kori agung atau paduraksa, dan juga pintu gerbang candi bentar. Pintu gerbang Wringin Lawang yang terletak di Jatipasar, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur adalah salah satu yang tertua dan terbesar. candi bentar yang masih hidup berasal dari zaman Majapahit.

Contoh patung Majapahit adalah patung Harihara dari candi Simping, yang diyakini sebagai penggambaran Raja Kertarajasa yang didewakan, patung Parwati yang diyakini sebagai penggambaran Ratu Tribhuwana, dan patung ratu Suhita yang ditemukan di Jebuk, Kalangbret, Tulungagung, Jawa Timur . Wilayah Majapahit secara kasar dibagi menjadi tiga jenis: istana dan sekitarnya; wilayah Jawa Timur dan Bali yang secara langsung dikelola oleh pejabat yang ditunjuk oleh raja; dan ketergantungan luar yang menikmati otonomi internal yang substansial 33 (p107) Administrasi langsung Majapahit tidak meluas ke luar Jawa Timur dan Bali, tetapi tantangan terhadap klaim Majapahit untuk menjadi penguasa di pulau-pulau luar menarik tanggapan yang kuat.

Kerajaan Majapahit (Jawa: Karaton Majapahit, Indonesia: Kemaharajaan Majapahit, Melayu: Kemaharajaan Majapahit, Malaysia: Empayar Majapahit) adalah thalassocracy di Asia Tenggara, berdasarkan pulau Jawa (bagian dari Indonesia modern), yang ada dari 1293 hingga sekitar 1500. Majapahit adalah negara berukuran sedang yang terletak di bagian timur pulau Jawa, di Indonesia. Perdana menteri atau Mahapatih yang demikian adalah Gajah Mada di bawah komandonya (1313-1364 M), Majapahit menaklukkan bagian utama Jawa dan menjadi kekuatan regional.

Patung-patung tembikar Majapahit adalah karya seni berbasis tanah liat dari Kerajaan Majapahit (1350-1389 M) dari Trowulan di Mojokerto, Jawa Timur. Terbuat dari kayu jati tua dan kering, bambu petung, dan jenis kayu dari Sumenep, Jawa Timur, kapal, kapal tradisional terbesar di Indonesia, memiliki panjang 20 meter, lebar 4,5 meter dan tinggi dua meter. Namun, keturunan aristokrasi Majapahit, ulama dan Hindu Ksatriya (pejuang) berhasil mundur melalui semenanjung Jawa Timur Blambangan ke pulau Bali dan Lombok.

Sultan Muslim ini (Raden Fatah) kemudian menyebarkan Islam ke barat ke kota-kota Cirebon dan Banten, dan ke timur di sepanjang pantai utara Jawa ke kerajaan Gresik. Beberapa cendekiawan berpendapat bahwa wilayah Majapahit meliputi Indonesia saat ini dan bagian dari Malaysia, tetapi yang lain berpendapat bahwa wilayah intinya terbatas pada Jawa Timur dan Bali. Menurut: Di mata orang Jawa, Majapahit melambangkan simbol: bahwa kerajaan agraris konsentris yang besar bergantung pada basis pertanian yang kokoh.

Dimulai dengan penampilan pertama kerajaan-kerajaan India di Kepulauan Melayu pada abad ke-5 M, zaman klasik ini berlangsung selama lebih dari satu milenium, sampai jatuhnya Majapahit pada akhir abad ke-15 dan pendirian kesultanan Islam pertama di Jawa Demak. Pada abad ke-13 kerajaan Jawa Hindu yang dikenal sebagai Majapahit tersebar di Asia Tenggara melampaui kekaisaran Sriwijaya sebelumnya. Selama masa kepemimpinannya, Gajah Mada telah berhasil menambahkan Bali, Jawa dan Sumatra ke Kekaisaran Majapahit.

Raden Wijaya tidak berniat menjadi pengikut Mongol dan memutuskan untuk mengusir pasukan ekspedisi keluar dari Jawa. Ekspedisi yang dikirim oleh Kublai Khan ke Jawa tidak dimaksudkan untuk menghukum Kertanegara, tetapi untuk membantu Raden Wijaya. Oud Javaansch lofdicht op Koning Hayam Wuruk van Majapahit.

Di Jawa Timur, tidak ada nama perang tokoh-tokoh Bubat dari Kerajaan Sunda. Sampai sekarang, tidak ada nama tempat atau jalan di Jawa Barat menggunakan nama tokoh Bubat, seperti Hayam Wuruk dan Gajah Mada. Bubat adalah nama tempat di Mojokerto, Jawa Timur yang pada masa lalu merupakan pusat Kerajaan Majapahit.

Ditugaskan oleh Sir Raffles, Wardenaar membuat catatan tentang peninggalan arkeologis di Wilayah Mojokerto dan karyanya dikutip dalam buku Raffles "Sejarah Jawa" (1817) yang mengungkap berbagai benda arkeologi yang ditemukan di Trowulan dari Kerajaan Majapahit. Kapal kayu, berukuran 20 meter dan lebar 4,5 meter, adalah replika kapal milik kerajaan Majapahit, yang berbasis di Jawa Timur, dan memerintah wilayah luas di Asia Tenggara dari 1293 hingga sekitar 1500.

Sejarah Kerajaan Majapahit http://www.anton-nb.com/2015/12/sejarah-singkat-kerajaan-majapahit.html

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.