MODEL PEMBELAJARAN ROLE-PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SENI BUDAYA SISWA DI SMA NEGERI 1 CIREBON

Karnengsih -

Sari


Model Bermain peran (Role Playing) merupakan pembelajaran yang menuntut siswa untuk memainkan karakter seseorang dalam bentuk drama, mendalami karakter mulai dari bahasa tubuh, pikiran dan ekspresi dengan cara mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Role-playing mampu meningkatkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Seni Budaya di Kelas XII MIPA-5 di SMA Negeri 1 Cirebon. Penelitian ini merupakan suatu penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif dan dilaksanakan dalam dua siklus. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 34 siswa, dan peran peneliti sebagai partisipan observer. Data dikumpulkan melaluiĀ  observasi, telaah dokumen serta analisis rekaman video pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Role-playing mampu; (a) meningkatkan minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Seni Budaya, (b) mengasah keterampilan siswa dalam memerankan peran untuk kegiatan pagelaran musik kontemporer, dan (c) meningkatkan partisipasi, rasa percaya diri dan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.