PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN HASIL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATERI AJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK SAKLAR SMART RELAY

Agus Purwanto

Sari


Dalam dunia industri sekarang ini, banyak sekali penggunaan motor listrik. Kebanyakan motor yang digunakan adalah motor induksi. Salah satu aplikasi motor listrik di industri adalah untuk menggerakkan conveyor. Kelancaran akan sistem produksi di industri sangat ditentukan oleh kinerja dari motor induksi. Kontrol motor listrik mempunyai peran penting dalam dunia industri modern saat ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran instalasi motor listrik (IML). Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan 2 (dua) siklus. Instrumen penelitian ini menggunakan angket, catatan lapangan, lembar observasi, dan dokumentasi. Untuk memperoleh data penelitian, disusun empatĀ  perangkat pembelajaran dan empat instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching, 85 % peserta didik telah mencapai nilai sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara individual maupun klasikal. Kemandirian belajar peserta didik dikategorikan baik.

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.