MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KOMPETENSI BODY MASSAGE SOLUS PER AQUA DI LEMBAGA PENDIDIKAN KEJURUAN

Nurulisma Saputri

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi belum banyak ditemukannya penggunaan model pembelajaran tematik di Lembaga Pendidikan Kejuruan. Penelitian ini bertujuan untuk: Menghasilkan model pembelajaran tematik yang valid, reliabel, layak dan efektif pada kompetensi body massage solus per aqua di Lembaga pendidikan kejuruan. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Untuk memperoleh validitas dan reliabilitas isi model pembelajaran dan buku ajar tematik menggunakan CVR dan koefisien kappa, uji kelayakan menggunakan skala likert empat kriteria skor, sedangkan untuk menguji keefektifan peningkatan hasil belajar model pembelajaran tematik menggunakan uji independent t-test.

Hasil penelitian menunjukan bahwa validasi isi model pembelajaran dan buku ajar yang diperoleh dari 2 penilai memperoleh nilai kategori valid dan realibilitas memperoleh kategori substansial,  hasil keefektifan peningkatan hasil belajar model tematik yang diberikan menunjukkan uji t post test 14,489 efektif digunakan. Simpulan pada penelitian ini model pembelajaran tematik pada kompetensi body massage solus per aqua valid (Spa), reliabel, layak dan efektif sehingga dapat digunakan.

Pembelajaran tematik dapat dipilih guru sebagai strategi pembelajaran yang tepat dengan memadukan materi beberapa mata pelajaran dengan buku ajar tematik untuk menciptakan pembelajaran menyenangkan. Dengan temuan ini bermanfaat sebagai penyelarasan kurikulum, inovasi pembelajaran tematik yang dapat diterapkan di lembaga pendidikan kejuruan.

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.