INOVASI PERMAINAN KOTAK MISTERI PADA PEMBELAJARAN PKN MATERI SISTEM PEMERINTAHAN

Subiyanto -

Sari


Hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn materi sistem pemerintahan banyak yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini disebabkan karena aktivitas belajar siswa masih sangat kurang, sehingga hasil belajar yang dicapai rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui permainan kotak misteri. Penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, melalui permainan kotak misteri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Besarnya peningkatan aktivitas belajar siswa melalui permainan kotak misteri pada siklus I memperoleh skor sebesar 14,5 (63%) kriteria cukup aktif, dan pada siklus II memperoleh skor 18,8 (82%) kriteria aktif. Permainan kotak misteri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan besarnya peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal terdapat 10 siswa yang tuntas atau sebesar 43,5%, pada siklus I ketuntasan belajar terdapat 16 siswa yang tuntas atau sebesar 69,6%, dan pada siklus II ketuntasan belajar terdapat 21 siswa yang tuntas atau sebesar 91,3%.

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.