PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DAN PERMAINAN PADA KOMPETENSI MENGENAL ANGGOTA TUBUH
Sari
Penguasaan belajar siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru masih sangat rendah, Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas I pada mata pelajaran IPA tentang Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara merawatnya. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menganalisis data aktivitas dan hasil belajar dari siklus ke siklus. Indikator keberhasilan adalah jika nilai siswa mendapat nilai 70 mencapai 85% maka dikatakan tuntas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode make a match dan permainan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, terbukti bahwa prestasi belajar siswa mengalami kenaikan dari pra siklus rata-rata kelas hanya 56 dengan ketuntasan belajar 21%, siklus I rata-rata kelas 71 dengan ketuntasan belajar sebesar 61%, dan pada siklus II rata-rata kelas menjadi 84 dengan ketuntasan belajar mencapai 96%. Aktivitas siswa pada prasiklus dengan skor 3,4 (skala 1 - 5), pada siklus I dengan skor 4,3 (skala 1-5) dan pada siklus II 5,0 (pada skala 1-5).
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.