UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU MASUK KELAS DALAM MENGAJAR MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT

Toipah -

Sari


Penelitian tindakan ini dilakukan terhadap Kepala sekolah, guru di SD Negeri Tarub 02 Kecamatan Tarub Kab. Tegal Semester I Tahun ajaran 2019/2020. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan sekolah yang alurnya, yaitu membuat siklus yaitu dari rencana tindakan, melaksanakan tindakan, observasi dan refleksi pelaksanaan tindakan selama dua siklus. Hasil refleksi tersebut digunakan sebagai pedoman untuk pengambilan keputusan, mengambil keputusan melanjutkan atau menghentikan penelitian. Penelitian dilakukan secara spiral dalam siklus-siklus sampai siklus kedua.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan guru masuk kelas dalam kegiatan pembelajaran meningkat setelah dilakukan tindakan yang berupa penerapan Reward and Punishment selama dua siklus. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan dalam Menyusun program sekolah, melaksanakan, membuat administrasi, melaksanakan evaluasi hingga pada kedisiplinan masuk kelas, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, dan melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa.

Peningkatan mutu pembelajaran disekolah sangat tergantung dari beberapa faktor. Faktor yang sangat penting antara lain adalah penerapan budaya sekolah ke arah peningkatan mutu. Budaya sekolah merupakan hal yang positif yang harus dipertahankan dan dilaksanakan oleh semua warga sekolah tanpa merasa terpaksa. Budaya sekolah yang harus dipertahankan salah satunya adalah masalah kedisiplinan, termasuk disiplin para guru masuk di dalam kelas pada proses belajar mengajar. Untuk meningkatkan disiplin para guru dapat diupayakan melalui bermacam-macam cara.

Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini, dicobakan tindakan berupa penerapan Reward and Punishment untuk para guru di SD Negeri Tarub 02 Kecamatan Tarub kab. Tegal. Hasil Penelitian menunjukkan pada siklus kedua, kedisiplinan guru masuk kelas dalam  proses belajar mengajar meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru guru masuk kelas dalam  kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan Reward and punishment kepada guru.

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.