PENERAPAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN PROSES PEMILU DAN PILKADA

Teguh Raharjo

Sari


Peneliti sebagai Kepala Sekolah yang memiliki kewajiban sebagai guru PKn berusaha meningkatkan hasil belajar materi proses pemilu dan pilkada melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament melalui Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini melalui 2 siklus yang setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan yang terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan serta refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan bekerjasama dengan teman sejawat sebagai observer. Hasil Penelitian Siklus I aktivitas siswa skor rata-rata 57,1 kategori Aktif. Skor aspek yang dominan (sangat aktif) adalah adalah Mengerjakan tes evaluasi (100%). Sedangkan aspek yang skornya paling rendah (D) adalah aspek Menyajikan hasil pembelajaran 16,1%. Hasil penelitian siklus II, aktivitas siswa rata-rata skornya 79,2 kategori Sangat Aktif. Sedangkan aspek yang Sangat Aktif adalah Mengerjakan tes evaluasi skor 100, Merangkum pembelajaran skor 96, Bekerja dengan sesama anggota kelompok skor 96, Mendengarkan penjelasan guru skor 90, Membaca buku siswa skor 84. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa 88,3 dan ketuntasan belajar 90,3 % (28 siswa).

Kata Kunci


Hasil Belajar; Pemilu; Peningkatan Prestasi; Pilkada.

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.