TEKNIK DAN STRATEGI PENEMUAN TERBIMBING DALAM MENENTUKAN FPB DUA BILANGAN

Entin - Yulia

Sari


Pembelajaran matematika pada SD Negeri Cigedog 03 masih banyak ditemukan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. kemudian dilakukan penelitian peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi menentukan FPB dari dua bilangan melalui strategi penemuan terbimbing menggunakan alat peraga mistar. Diharapkan dengan adanya perbaikan metode pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus perbaikan. Pada siklus pertama hasil yang dicapai masih kurang maksimal, ini terlihat dari ketercapaian nilai rata-rata kelas hanya mencapai 63,00 dan ketuntasan belajar dari 28 siswa adalah 18 siswa yang tuntas atau 64,29 %. Setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran pada siklus II, terjadi peningkatan ketercapaian nilai rata-rata kelas yaitu 78,00 dan ketuntasan belajar mencapai 25 siswa atau 89,29%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa strategi penemuan terbimbing dengan memanfaatkan alat peraga Mistar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kompetensi menentukan FPB dari dua bilangan.


Kata Kunci


Penemuan Terbimbing; Mistar FPB; Hasil Belajar

Referensi


Effendi, Leo Adhar. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Vol. 13(2):1-10.

Karim, Asrul. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Matematika dan Terapan:29-37.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 7 Mei 2013. Jakarta.

Purnomo, Yoppy Wahyu. 2011. Keefektifan Model Penemuan Terbimbing dan Cooperative Learning pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan Vol. 41(1):37-53.

Triyanto, Eko, Sri Anitah, dan Nunuk Suryani. 2013. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol.1(2):226-238.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.