PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI DALAM MATERI AJAR PERUBAHAN BENDA

Sumantoro - -

Sari


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Luwunggede 02 dalam materi ajar perubahan benda. Hal tersebut terjadi karena guru belum menggunakan metode yang tepat untuk pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ajar perubahan benda dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dengan metode demonstrasi. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil yang dicapai pada siklus pertama masih kurang maksimal. Hal ini dilihat dari hasil refleksi siklus pertama. Rata-rata nilai pada siklus I hanya mencapai 64,30. Terjadi peningkatan pada siklus II yaitu nilai rata-rata mencapai 81,48. Dengan menerapkan pendekatan CTL dengan metode demonstrasi maka hasil belajar siswa tentang perubahan benda dapat mencapai hasil yang maksimal.


Kata Kunci


Contextual Teaching Learning; Metode Demonstrasi; Perubahan Benda

Referensi


Daryanto. 2013. Strategi dan Tahapan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Budianto, Mangun. 2012. Strategi dan Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Griya Santri.

Panitia Sertifikasi Guru Rayon 112. 2012. Bahan Ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru dalam Jabatan . Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winataputra, Udin. S. dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Supraptono, Eko. dkk. 2015. Penggunaan Model Demonstrasi dalam Materi Ajar Instalasi Sistem Operasi. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. Volume 5, No. 3: 6-13, https://i-rpp.com/index.php/dinamika/article/view/259.

Waryo. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi dengan Metode Demonstrasi. Jurnal Dinamika. Volume 3, No. 2, https://i-rpp.com/index.php/dinamika/article/view/189.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.