STRATEGI CBSA MODEL BELAJAR KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERAN INDONESIA PADA ERA GLOBALISASI

Munip - Azhari

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Peranan Indonesia pada Era Globalisasi VI Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui strategi CBSA Model belajar Kelompok. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Negla 01, Kecamatan Losari Kabupaten Brebes dengan jumlah 22 siswa. Waktu Penelitian dilaksanakan Juli sampai dengan Desember 2014. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Pelaksanaan penelitian terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu planning, acting, observing, dan reflecting. Setelah dilaksanakan siklus pertama sampai siklus II yaitu guru melaksanakan praktik pembelajaran langsung diperoleh hasil  yaitu persentase aktivitas siswa dan persentase perolehan nilai siswa meningkat/ Dari hasil penelitian tindakan yang dilaksanakan melalui dua siklus, diperoleh peningkatan yang sangat berarti, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan strategi CBSA dengan Model Belajar kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Materi Peranan Indonesia pada Era Globalisasi. Untuk itu diharapkan guru selalu memberikan bimbingan kepada siswa agar tetap giat belajar melalui berdiskusi untuk selalu bekerja sama dalam kelompok dalam mengerjakan lembar kerja siswa sehingga dapat tercapai tujuan yang diharapkan.


Kata Kunci


Belajar Kelompok; Era Globalisasi; Peran Indonesia;.Strategi CBSA

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2015. Memacu Pelaksanaan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) Melalui Pelayanan Supervisi. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(4):20-31.

Judi, Imran dan Afif Firmansyah. 2014. Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas V Belajar IPS Materi Sumber Daya Alam dengan Menggunakan Belajar Kelompok di SDN Wata Kec. Bungku Barat Kab. Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako, 2(4): 273-287.

Sutikno. 2011. Penerapan Model Belajar Kelompok pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Kelas 5 SD N 3 Gabusan – Blora. Jurnal llmiah Pendidikan Ke-SD-an, 1(2): 191 – 205.

Ratono. 2012. Peningkatan Kemampuan Menjelaskan Arti Pecahan dan Urutannya Melalui Diskusi Kelompok. Jurnal Pendidikan Tindakan Kelas Volume 3(2):221-226.

Riani, Nina, Eko Supraptono, dan Mulyadi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Take and Give dalam Materi Ajar Media Komunikasi Data Jaringan. Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah Volume 6(1):8-15. https://i-rpp.com/index.php/dinamika/article/view/433

Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Unversitas Terbuka.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.