PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI AJAR SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT

Restu Sumbarwati D.

Sari


Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sengon 02 pada materi ajar sistem pemerintahan pusat. Masalah tersebut disebabkan karena guru belum menerapkan model pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi ajar sistem pemerintahan pusat melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus pertama hasil yang dicapai masih kurang maksimal. Ketuntasan belajar hanya mencapai 78,57% dari 42 siswa. Ketuntasan belajar pada siklus II meningkat menjadi 88,19%. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus II siswa terlihat lebih aktif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi ajar sistem pemerintahan pusat.


Kata Kunci


Pembelajaran Kooperatif; Sistem Pemerintahan Pusat; Two Stay Two Stray

Referensi


Bahri, Djamarah S. dan Aswan Zain. 2006. Strategi BelajarMengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Etin Solihatin dan Raharjo. 2005. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran PKN. Jakarta : Bumi Aksara.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning cetakan keenam. Jakarta : PT Grasindo.

------------. 2010. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.

Sukardi. 2015. Peningkatan Pemahaman tentang Makanan untuk Peristiwa Khusus melalui Metode Two Stay Two Stray. Dinamika: Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah. Vol. 5, No. 3, https://i-rpp.com/index.php/dinamika/article/view/294/295.

Supraptono, Eko. dkk. 2015. Penerapan Metode Cooperatif Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Merakit Instalasi Komponen PC di SMK. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. Volume 16, No.3, https://i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/167.

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT. Remaja Posdakarya Offset.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.