PENERAPAN PEMBELAJARAN NHT DENGAN ALAT PERAGA MANIK-MANIK PADA MATERI AJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT

Suratinah - -

Sari


Analisis nilai kegiatan pembelajaran matematika tentang menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat, hasil belajar siswa SD Negeri Rungkang 02 ternyata masih kurang. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika Kompetensi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Penelitian ini menyajikan hasil penelitian mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hasil penelitian dan pembahasannya dengan dua siklus perbaikan yang masing-masing dilaksanakan selama 4 jam pelajaran. Pada siklus pertama hasil yang dicapai masih kurang maksimal ini dilihat dari hasil refleksi siklus pertama pertemuan pertama. Ketercapaian ketuntasan belajar siklus I hanya mencapai 56 %.  Hanya 19 siswa yang tuntas dari 34 siswa kelas IV. Setelah peneliti melaksanakan siklus II, peneliti merasa cukup berhasil dalam pembelajaran, hal ini terlihat dari refleksi siklus II Pertemuan kedua, ketercapaian ketuntasan belajar  mencapai 94,12%. Hanya 2 siswa belum tuntas namun secara peningkatan hasil belajar sudah meningkat bila dibandingkan dengan siklus pertama. Dengan menerapkan Model Pembelajaran Number Head Together maka hasil pembelajaran Matematika Kompetensi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat ,dapat mencapai hasil yang maksimal.


Kata Kunci


Pembelajaran NHT; Manik-Manik; Penjumlahan Pengurangan

Referensi


Ekawati, Desti Nurlaela. 2005. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Mengajarkan Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/download/1255/1307.

Sambudi. 2009. Penggunaan Alat Peraga Papan Optik untuk Meningkatkan hasil Belajar Poko Bahasan Pemantulan Cahaya pada Siswa VIII SMP. Dalam Jurnal Fisika Unnes[online],http://www.google.co.id.Jurnal/pemahaman/konsep cahaya/fisika/.Pdf.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwignyo Jati, Eko Supraptono dan I Wayan Eddy. 2016. Penerapan Model “CAI” dalam Pembelajaran Teknik Membuat Pembukuan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Volume 1(2): 7-14. https://i-rpp.com/index.php/jpp/article/view/477.

Thobroni, M, dan Arif Mustofa. 2011. Belajar & Pembelajaran. Ar-Ruzz Media. Jogjakarta.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.