PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TUTOR SEBAYA DALAM MATERI AJAR MENGENAL PECAHAN DAN URUTANNYA

Mastoni - -

Sari


Penelitian ini didasari pada kenyataan bahwa pembelajaran mengenal pecahan dan urutannya di kelas IV SD Negeri Banjaratma 02 masih berlangsung secara konvensional. Artinya, guru menjelaskan materi pelajaran kemudian memberikan contoh soal dan penugasan, padahal dilihat dari aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung, nampak beberapa siswa melakukan diskusi tanpa disuruh guru. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya dalam materi ajar mengenal pecahan dan urutannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dibagi kedalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dari nilai rata-rata 64,42 menjadi 78,53. (2) Pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas siswa. (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya dapat mengembangkan sikap positif siswa terhadap pembelajaran.


Kata Kunci


Pecahan; Pembelajaran Kooperatif; Tutor Sebaya

Referensi


Anggorowati, Ningrum. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Komunitas, 3 (1): 103-120.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasara Indonesia.

Sukmadinata, Nana S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakaya Offset.

Supraptono, Eko. dkk. 2015. Penerapan Metode Cooperatif Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Merakit Instalasi Komponen PC di SMK. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. Volume 16, No.3, https://i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/167.

Ulfah, Maria. 2012. Optimalisasi Hasil Belajar IPA tentang Sistem Gerak pada Manusia melalui Metode Diskusi dengan Tehnik Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Dinamika. Vol. 3, No. 1, https://i-rpp.com/index.php/dinamika/article/view/5.

Winataputra, Udin S. dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Qudsi, Istianah. 2014. Pembelajaran Tutor Sebaya Materi Besaran dan Satuan Fisika. Jurnal Dinamika. Vol. 4, No.3, https://i-rpp.com/index.php/dinamika/article/view/84/83.

.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.