UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA BAB MAKANAN DAN MINUMAN HALAL HARAM MATA PELAJARAN FIKIH MELALUI METODE EVERY ONE IS A TEACHER HERE

Dewi Qurotul Aeni

Sari


Metode pembelajaran dalam bab makanan dan minuman halal dan haram yang selama ini penulis gunakan adalah metode ceramah dan ternyata masih ada peserta didik yang belum memenuhi target pembelajaran yaitu 12 anak (37,50%) dari 32 peserta didik di kelas VIII MTs NU 12 Ki Ageng Mataram semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini disebabkan karena motivasi mereka sangat kurang dalam mempelajari bab makanan dan minuman halal dan haram, sehingga berdampak pada hasil belajarnya.

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus menghasilkan peserta didik yang tuntas dalam belajar (mendapat nilai 75 – 100) ada 30 (93,75%) anak dari jumlah 32 peserta didik, berarti sudah di atas kriteria ketuntasan klasikal yaitu 93,75%. Selain itu hasil analisis motivasi belajar peserta didik sudah tinggi, yaitu 3 anak dengan kriteria Baik Sekali, dan 25 anak dengan kriteria Baik, sehingga berjumlah 28 (87,51%) anak dari 32 anak yang motivasinya tinggi.

Sehingga pada perbaikan Siklus II dikatakan berhasil, maka perbaikan pembelajaran tidak perlu diulang lagi.

Kata Kunci


Motivasi dan Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Every One Is A Teacher Here; Penelitian Tindakan Kelas.

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.