PENINGKATAN DISIPLIN WAKTU MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN GAME MANAJEMEN WAKTU

Herdiyanto -

Sari


Disiplin waktu adalah suatu tatanan dalam kehidupan yang berfungsi sebagai pengendalian diri dan sikap mental dan juga sebagai pengatur dalam berkehidupan bermasyarakat sehingga seseorang mampu bertanggung jawab terhadap waktu yang dimiliki. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui tingkat disiplin waktu siswa kelas 9A, (2) untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan game manajemen waktu untuk meningkatkan disiplin waktu siswa kelas 9A, (3) untuk mengetahui hasil layanan bimbingan kelompok dengan game manajemen waktu untuk meningkatkan disiplin waktu siswa kelas 9A. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 9A SMP Negeri 5 Temanggung dengan jumlah 10 siswa dari 27 siswa dengan metode pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi dan studi dokumen. Analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Validasi data menggunakan teknik triangulasi data dengan mencocokkan hasil penelitian kondisi awal, siklus I dan siklus II. Hasil pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan game manajemen waktu dapat meningkatkan disiplin waktu siswa.


Kata Kunci


Disiplin Waktu; Game; Layanan Bimbingan Kelompok; Manajemen Waktu

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.