MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

Sri Mulwati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan rasa percaya diri dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Kegiatan layanan bimbingan kelompok dapat memberikan manfaat di mana siswa dapat saling menghargai dan menghormati pendapat, kreativitas dalam mengemukakan ide atau pendapat, memperluas wawasan, memberikan pelajaran mengenai pengembangan diri, kesadaran diri serta pandangan baru dalam hubungan dengan lingkungan, dan terbentuk dinamika kelompok bagi para anggota kelompok. Kecenderungan kepercayaan diri yang berbeda-beda antara anggota kelompok sehingga harapannya dapat terjadi transfer informasi diantara anggota kelompok.

Data awal (Pre Test) secara keseluruhan siswa kelas VII A sejumlah 32 siswa, diperoleh hasil skala kepercayaan diri sebanyak 5 orang berada pada kategori sangat tinggi (prosentase antara 85%-100%), 15 orang berada pada kategori tinggi (prosentase antara 70%-84%), 8 orang berada pada kategori sedang (prosentase antara 55%-69%) dan 4 orang berada pada kategori rendah (prosentase antara 40%-54%). Diperoleh peningkatan hasil Post Test kepercayaan diri, pada 3 siswa dengan kepercayaan diri tinggi prosentase kepercayaan diri bertambah 83% masuk dalam kategori tinggi, 3 siswa dengan kepercayaan diri sedang prosentase peningkatan kepercayaan diri bertambah 74% masuk dalam kategori kepercayaan diri tinggi, dan 4 siswa dengan kepercayaan diri rendah prosentase peningkatan kepercayaan diri bertambah 69% masuk dalam kategori kepercayaan diri tinggi.

Hasil tersebut menunjukkan bimbingan kelompok dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Itu artinya bahwa rasa percaya diri dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok.

Kata Kunci


Layanan Bimbingan Kelompok; Rasa percaya diri.

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.