VARIABEL DETERMINAN MINAT KERJA DAN STUDI LANJUT PADA SISWA SMK PROGRAM STUDI TEKNIK BANGUNAN

Abdul Jamal, Samsudi -, Bambang Endroyo

Sari


Latar belakang penelitian ini adalah adanya kelompok mata pelajaran pada spektrum struktur kompetensi keahlian teknik bangunan. Dengan data lapangan menunjukkan bahwa siswa SMK Teknik Bangunan menunjukkan banyak yang berminat melanjutkan studi, dan hal itu ditunjukkan oleh peraturan-peraturan yang berlaku walaupun tujuan awal adalah untuk bekerja.

Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini 359 siswa sampel penelitian secara proporsional sampling 247 siswa mengacu pada sampel yang digunakan menurut nomogram Harry King, instrumen pengumpul data berupa kuesioner minat kerja dan minat studi lanjut, sedangkan untuk prestasi belajar kelompok mata pelajaran A, mata pelajaran B, kompetensi bidang paket keahlian diambil dari dokumentasi.

Hasil analisis kuantitatif menemukan bahwa = 3,465 > pada variabel minat kerja, sedangkan pada variabel studi lanjut = 0,919 > ( 0,138). Kesimpulan kontribusi kelompok mata pelajaran B dan kompetensi program keahlian memberikan kontribusi yang signifikan terhadap minat kerja sebesar 0,020 dan 0,009 dengan 0,01 < p < 0,05.

Kata Kunci


Kelompok Mata Pelajaran; Kompetensi Keahlian; Minat Kerja; Minat Studi Lanjut; Prestasi Belajar;

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.