PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SPRINT MELALUI PERMAINAN SIRKUIT

Slamet Riyadi

Sari


Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar PJOK materi Sprint pada siswa kelas III SD Negeri 1 Nglebur Kecamatan Jiken Kabupaten Blora. Peneliti berupaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa  melalui permainan sirkuit. Metode pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi data observasi aktivitas belajar siswa dan data hasil belajar siswa. Metode permainan sirkuit dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PJOK materi Sprint. Besarnya peningkatan aktivitas belajar PJOK materi Sprint melalui metode permainan sirkuit pada siklus I memperoleh skor 23,5 (60%) berada pada kriteria cukup aktif dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan skor sebesar 28 (72%) berada pada kriteria aktif. Besarnya peningkatan hasil belajar PJOK materi Sprint melalui metode permainan sirkuit pada kondisi awal banyak siswa yang tuntas belajarnya sebesar 33,3%, pada siklus I meningkat menjadi 71,8%, dan pada siklus II meningkat menjadi 89,7%.


Kata Kunci


Aktivitas belajar, Hasil belajar, Permainan Sirkuit.

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.